Minggu, 17 Februari 2013

Behind The Scene : "ADAM" Finishing Proposal

Tidak ada komentar
Assalamu'alaikum, akhii wa ukhti...
Mau ngelanjutin posting yang sebelumnya nih tentang Maulid, masih mau tau kan kelanjutan persiapan panitia untuk acara Maulid? Ayoo ikuti terus jejaknya..


Akhirnya, libur semester pun tiba.. Waktunya semua warga sekolah beristirahat dari kegiatan belajar-mengajar, mulai dari murid, guru, staf tata usaha, dan kepala sekolah. Selama classmeeting kami mencoba menyelesaikan proposal, namun itu belum berhasil dituntaskan. Ini sudah waktunya liburan, dan kami belum mendapatkan tandatangan siapapun di proposal. Fail, rencana paling awal untuk menyelesaikan proposal sebelum liburan sudah gagal. Sie. sponsor belum bisa mulai mencari dana ketika liburan karena proposal yang belum tuntas. Sementara itu, humas sudah berhasil menghubungi Ustadz dan bintang tamu, intinya ya tahap pertama ini tinggal mendapat tandatangan pihak terkait di proposal.

Nah, beralih dari proposal, setelah bagi rapot, pada hari Ahad beberapa dari kami datang ke sekolah untuk mengukur tenda yang dibutuhkan untuk acara Maulid. Katanya sih, tukang tendanya mau datang pada hari itu untuk mengukurnya, tapi setelah ditunggu-tunggu, mereka tak kunjung datang. Akhirnya koordinator sie. prodek, yaitu Silo, bersama Hasmi, langsung terjun ke lapangan untuk mengukur tenda sendiri. Setelah selesai mengukur tenda, kami kembali ke masjid untuk menunggu kedatangan Kak Grandis, yang pada hari itu kami mau menyelesaikan desain jaket Irmas.

Sekarang beralih lagi, ke sie sponsor! Keesokan harinya, koordinator sponsor, yaitu Izza, mengadakan rapat dengan anggota-anggota sie. sponsor, untuk mencatat list calon sponsor dan mencari CP dari calon sponsor. Waktu itu kami udah dapet list sekitar 30an lebih, mulai dari bimbel, perusahaan makanan & minuman, bank, sampai Departemen Agama. Wiii, keren nih sie. sponsor bakal kerja keras penuh :)

Oke, kembali lagi ke proposal, untuk mempercepat gerakan panitia PHBI Maulid, kami berpikir untuk berkonsultasi masalah proposal ini pada Bu Puspita, salah satu pembina Irmas terutama Keputrian. Oleh karena itu, beberapa dari kami sempat berkunjung ke rumah Bu Puspita dan meminta beliau untuk memeriksa proposal yang sudah dibuat. Bu Puspita memberikan saran dan masukan, terutama pada bagian anggarannya. Untuk tanggal, beliau belum bisa memastikan apakah pada 6 Februari 2013 nanti kami bisa mengadakan acara Maulid tanpa bentrok dengan kegiatan sekolah yang penting. Jadi, yang bisa kami lakukan sekarang adalah mengedit proposal sesuai dengan saran dari Bu Puspita, dan setelah itu hanya bisa menunggu hari masuk sekolah, 7 Januari 2012. Pada akhirnya kami hanya bisa berdo'a semoga tanggal 6 Februari 2013 kosong dari jadwal sekolah...

Tanggal 7 Januari pun tiba, waktunya masuk sekolah! Kami sudah siap menemui Sensei Dedeh, pembina OSIS, dengan membawa proposal yang telah dijilid, sambil berharap tidak ada kerusakan/cacat pada proposalnya, dan semoga proposalnya bisa langsung diterima. Hari ini pelajaran selesai pukul 14.30 WIB. Setelah jam pelajaran usai, beberapa dari kami bersama Pak Toha (sebelum pembinanya diganti), menuju ke ruang tamu untuk mengajukan proposal Maulid ke Sensei Dedeh. Ternyata Sensei Dedeh langsung oke sama proposal kami, tinggal ditambahkan beberapa bagian, proposal itu bisa di acc ke wakasek dan Ibu kepsek.

Karena semangat untuk menyelesaikan satu sentuhan lagi pada proposal itu, dan memikirkan agar sie. sponsor dapat mulai bekerja besok, pada sore itu, kami (Hasmi, Uqy, Okta, Sinta, Dea) memutuskan untuk menyelesaikannya di rumah Sinta. Kami baru mulai benar-benar melanjutkan proposalnya ketika Maghrib. Dan ada sedikit penghalang buat kami untuk menyelesaikan sentuhan terakhir dari proposal, kami gak ada yang hafal visi misi sekolah yang baru!! Sampai akhirnya, kami bubar dan pulang ke rumah masing-masing sekitar jam 9 malam.

Esok harinya, 8 Januari kami mencari Pak Asep Daryanto, sebagai Wakasek Kesiswaan yang baru. Setelah menemui Pak Asep yang lagi asyik main pinpong, kami menuju ke ruang guru untuk mencari Pak Bambang, Pak Sutardi dan Bu Djamilah. Kami bertemu dengan Pak Bambang, dan ditemani Pak Asep di ruang tamu. Dan yang benar saja! Tanggal 6 Februari ada UAS untuk anak aksel angkatan 6! Jadiii, batal sudah PHBI Maulid tanggal 6, harus ganti tanggal. Akhirnya kami memutuskan untuk memilih tanggal 13 Februari, Rabu depannya. Padahal bintang tamu udah oke sama tanggal 6, tapi semoga tanggal 13 bintang tamunya bisa datang juga ya...

Masih berbincang-bincang dengan Pak Asep dan Pak Bambang, tiba-tiba saja beliau mengusulkan untuk mengadakan acara khitan massal, bersamaan dengan acara Maulid nanti. Beliau-beliau terlihat sangat semangat menyampaikan usulan dan pendapat tersebut, dari mata dan senyumnya tersirat, seperti ingin mengatakan, ayolah Irmas, buat acara khitan massal bareng acara Maulid nanti. Apalagi Pak Asep terus menceritakan pengalamannya melihat acara khitan massal, nanti bakal rame, banyak anak-anak, wah pokoknya seru deh. Pak Bambang menambahkan, kan bisa jadi inovasi baru, di acara Maulid ada khitan massal. Kami memikirkan sejenak usulan itu. Pasti bakal susah kalau acara Maulid digabung dengan acara khitan massal, panitianya harus kerja keras, pasti nanti capek. Tapi, benar juga ya, kalau memang mau ada khitan massal.. berarti ini, inovasi baru..?

Besoknya, tanggal 9 Januari, kami kembali mengadakan rapat setelah liburan semester 1. Rapat ini dibuka dengan pemberitahuan pengunduran acara Maulid menjadi 13 Februari 2013. Kemudian, membahas usulan Pak Asep mengenai diadakannya khitanan massal bersamaan dengan acara Maulid. Awalnya mayoritas kurang yakin bisa mengadakan kedua acara tersebut secara bersamaan. Namun akhirnya, dari hasil musyawarah, didapatlah kesimpulan, kita akan mengadakan khitan massal bersamaan dengan Maulid! Setelah membahas usulan tersebut, dilanjutkan dengan laporan progress dari setiap sie. untuk persiapan Maulid.
Dimulai dari sie prode, yang sudah mengukur berapa besar tenda yang dibutuhkan, survei mengenai harga tenda per meter2 dan spanduk. Dilanjutkan dengan sie. humas, yang sudah selesai membuat surat undangan, sudah menghubungi bintang tamu, dan nasyid alumni. Kemudian sie. sponsor, sudah menghubungi calon-calon sponsor, dan sudah membuat ppt untuk presentasi di depan calon sponsor, tinggal menunggu proposal selesai dan difotocopy. Selanjutnya sie. acara, yang sudah menyelesaikan rundown acara. Kemudian sie. absensi, sudah mengambil absen di TU. Lalu sie. konsumsi, yang menyatakan sudah setengah jalan.

Daan, selesailah laporan dari setiap sie :) Agenda rapatnya dilanjutkan membahas mabit bersama FORLAST yang akan dilaksanakan pada hari Sabtunya. Kembali ke proposal, dengan diputuskannya kita menambah acara khitan massal dalam rangkaian acara PHBI Maulid Nabi 1434 H, maka proposal perlu diedit lagi, yaitu pada bagian rundown acara, dan anggaran dana yang dibutuhkan. Termasuk kami mempersiapkan panitia yang bertugas mencari peserta khitan massal. Oh iya, namanya bukan khitan massal, tapi khitan gratis, karena targetnya 10 orang, jadi bukan massal ya ^^".Setelah proposal telah diedit dengan tambahan acara khitan gratis, beberapa dari kami (kalo gak salah Hasmi, Izza, Cynthia, dan Dimas), kembali menghadap Wakasek sekaligus Ibu Kepala Sekolah untuk meminta persetujuan dan tanda tangan pada proposal, dan kami berhasil mendapatkannya! Alhamdulillah.... Dengan ini, proposal done :)

*bersambung*

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Berita Terpopuler

Member