IRMAS TV

Loading...

Selasa, 09 Juli 2013

Artikel Islami : Nikmat Shalat Tarawih dan Puasa Ramadhan

Tidak ada komentar
          Assalamu'alaikum Wr. Wb. ya ukhti wa akhi. 

         Alhamdulillah hari ini seluruh umat Islam di Indonesia mulai melaksanakan ibadah puasa, ya walaupun ada beberapa saudara kita yang sudah memulainya beberapa hari lebih awal. Maka dari itu keluarga besar IRMAS AL-KAUTSAR dan SMAN 2 Kota Tangerang Selatan ingin meminta maaf yang sebesar-besarnya atas kesalahan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Baik secara lisan maupun perbuatan, mohon maaf lahir batin ya :)

          Seperti yang sudah difirmankan Allah dalam surah Al-Baqarah ayat 183 yang berbunyi:
                    
 يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan bagimu berpuasa, sebagaimana telah diwajibkan pada orang2 sebelum kamu. Mudah2an kamu bertakwa” (Al -Baqarah:183)

   
      Banyak banget loh keutamaan dan keuntungan puasa. Mulai dari pencernaan kita yang bisa sejenak "beristirahat", kita jadi bisa lebih toleransi terhadap saudara-saudara kita yang kurang beruntung, sampai janji Allah bahwa semua dosa kita akan dihapuskan alias suci lagi seperti bayi yang baru lahir. Subhanallah.

          Puasa itu bulan yang penuh barokah maghfiroh (ampunan), bulan yang penuh ganjaran di mana setiap amal ibadah manusia akan di lipat gandakan yaitu hanya di bulan Ramadhan. Seperti yang tertera dalam Riwayat Al-Muslim :

“Semua amal anak Adam dilipat gandakan pahalanya, setiap kebaikan 10 kali lipat, hingga 700 kali, kecuali puasa Akulah (ALLAH) yang membalasnya, sebab ia meninggalkan syahwat dan makan minumnya hanya karena Aku, dan baginya ada dua kegembiraan pertama ketika berbuka dan kedua ketika berjumpa Tuhannya. Sungguh bau mulutnya, bagi Allah melebihi harumnya kasturi”

   Maka dari itu marilah kita sambut suka cita bulan yang mulia ini. Meminta maaf dan memaafkan kesalahan-kesalahan orang-orang itu merupakan langkah awal yang sangat baik. Melakukan semua kegiatan baik itu ibadan ataupun kegiatan sehari-hari dengan ikhlas bisa menambah makna puasa kita agar tidak hanya dapat lapar dan hausnya saja. 

    Kebanyakan orang hanya menargetkan "puasa kali ini harus full. Nggak boleh ada yang bolong!" dengan tidak ikut menjalankan ibadah sunah lainnya seperti shalat dhuha, tahajud, membiasakan shalat rawatib, hingga menargetkan melaksanakan shalat tarawih tanpa bolong. Padahal segala macam ibadah yang kita kerjakan dibulan suci ini akan dilipat gandakan pahala. Seperti yang dituliskan oleh Ustad Felix Siauw melalui akun pribadi beliau (@felixsiauw):

"saat yang sunnah jadi pahala wajib dan yang wajib dilipatkan | maka semua kebaikan dan manfaat jangan lagi ditahan"

Nah, kali ini ana mau ngebahas manfaat dari shalat tarawih dan puasa Ramadhan pastinya. Seperti yang disabdakan Rasulullah SAW dan diriwayatkan oleh Saidina Ali Bin Abi Tholib R.A Dan dikutip dari Kitab : Durrotun Nashihin Hal : 18 – 19, w-magz.co.cc tentang manfaat shalat tarawih yaitu:

1.)    * Tarawih Malam ke 01 : Siapa yang shalat Tarawih pada malam pertama dihapus dosa seorang Mu’min seperti ketika ia di lahirkan.

2.)    * Tarawih Malam ke 02 : Shalat Tarawih pada malam kedua di ampuni dosa dirinya dan kedua orang tuanya, jika keduanya Mu’min.

* Puasa Hari ke-1: Semua dosa akan diampuni oleh Allah SWT, baik yang tersembunyi dan yang terang-terangan. Akan meninggikan derajat berlipat ribuan. Dan membuatkan untuk kalian lima puluh ribu kota di surga.


3.) * Tarawih Malam ke 03 : Malaikat berseru dari ‘Arsy ” Telah diangkat amal dan dosanya yang telah lalu dan di ampuni oleh Allah SWT.

      * Puasa Hari Ke-2: Setiap ibadah akan dicatat oleh Allah SWT terhadap segala apa yang dilakukan. Memberikan pahalanya seperti ibadah selama satu tahun. Menyetarakan pahalanya seperti pahala seorang nabi. Dan mencatat puasa hari ke-2 seperti puasa satu tahun.


4.) * Tarawih Malam ke 04 : Baginya mendapat pahala, seperti pahala membaca Kitab Taurat, Zabur, Injil dan AlQur-an.

      * Puasa Hari Ke-3: Allah SWT memberi setiap rambut di tubuh kalian taman permata yang indah di surga Firdaus, di atasnya dua belas ribu rumah dari cahaya, di bawahnya dua belas ribu tempat tidur dan di setiap tempat tidur ada bidadari, setiap hari seribu malaikat berkunjung dan setiap malaikat membawa hadiah untuk kalian.


5.) * Tarawih Malam ke 05 : Allah SWT memberinya pahala seperti pahala Sholat di Masjidil Haram, Masjid Madinah dan Masjid Aqsho.

      * Puasa Hari Ke-4: Pahalanya adalah Surga Khuld yang didalamnya terdapat tujuh puluh ribu istana dan di setiap istana terdapat tujuh puluh ribu rumah, di setiap rumah terdapat lima puluh ribu tempat tidur dan disetiap tempat tidur terdapat bidadari dan setiap bidadari memiliki seribu perhiasan yang lebih baik dari dunia dan segala isinya.


6.) * Tarawih Malam ke 06 : Allah SWT memberinya pahala Thawaf di Baitul Makmur dan di mintakan ampun baginya oleh setiap batu benda.

      * Puasa Hari Ke-5: Pahalanya adalah Surga Al-Ma’wa yang terdapat beribu-ribu kota, setiap kota terdapat seribu rumah, di setiap rumah terdapat seribu meja makan, di atas setiap meja makan tujuh puluh ribu tempat makanan, di setiap tempat makanan tujuh puluh macam makanan yang tidak sama satu dengan yang lain.


7.) * Tarawih Malam ke 07 : Seumpama pahala yang di peroleh nabi Musa A.S dan penolong dari kejahatan Fir’aun dan Hamman.

      * Puasa Hari Ke-6: Pahalanya adalah Surga Darus Salam yang terdapat seratus ribu kota, di setiap kota seratus perkampungan, disetiap perkampungan seratus ribu rumah, di setiap rumah seratus ribu tempat tidur dari emas yang panjang, setiap tempat tidur panjangnya seribu hasta, di atas tempat tidur terdapat bidadari sebagai pasangan yang berhias dengan tiga puluh ribu perhiasan dari permata putih dan permata merah, dan setiap bidadari membawa seratus pelayan.


8.)  * Tarawih Malam ke 08 : Allah SWT memberikannya pahala seperti pahala apa yang diberikan kepada Nabi Ibrohim AS.

      * Puasa Hari Ke-7: Pahalanya adalah Surga Na’im. Pahala seribu syuhada’ dan empat puluh ribu orang yang benar.


9.) * Tarawih Malam ke 09 : Seumpama pahala Ibadah nabi Muhammad SAW.

      * Puasa Hari Ke-8: Pahalanya seperti pahala amal enam puluh ribu ahli ibadah dan orang enam puluh ribu orang yang zuhud.


10.) * Tarawih Malam ke 10 : Allah SWT memberinya Rizki dan kebaikan di dunia dan akhirat.

      * Puasa Hari Ke-9: Pahalanya adalah Allah SWT akan memberikan apa yang diberikan kepada seribu ulama, seribu orang yang i’tikaf, dan seribu orang yang menyambung tali persaudaraan.


11.) * Tarawih Malam ke 11 : Apabila Ia meninggal dunia, seperti dilahirkan dari Ibunya.

      * Puasa Hari Ke-10:  Dikabulkannya tujuh puluh ribu hajat, dan matahari, bulan, bintang-bintang, binatang yang melata, burung, binatang buas, setiap bebatuan dan bongkahan tanah liat, setiap yang kering dan yang basah, setiap binatang di laut dan dedaunan di pepohonan akan memohonkan ampunan bagi kita.


12.) * Tarawih Malam ke 12 : Ia datang pada hari kiamat kelak dengan wajah berseri-seri seperti bulan purnama.

      * Puasa Hari Ke-11: Pahalanya seperti pahala empat kali orang yang haji dan umrah, setiap yang haji bersama seorang Nabi, dan setiap yang umrah bersama orang yang benar dan yang syahid.


13.) * Tarawih Malam ke 13 : Ia datang pada hari kiamat, selamat dari kejahatan (kejelekan).

      * Puasa Hari Ke-12: Akan dijadikan bagi kalian keimanan yang dapat merubah keburukan-keburukan menjadi kebaikan-kebaikan yang berlipat-ganda, dan mencatat bagi kalian setiap kebaikan seribu kebaikan.


14.) * Tarawih Malam ke 14 : Malaikat pada menyaksikan bahwa sesungguhnya orang tersebut telah Sholat Tarawih maka pada hari kiamat kelak Allah SWT tidak akan menghisabnya.

      * Puasa Hari Ke-13: Dicatat bagi kalian pahala seperti pahala ibadah penduduk Mekkah dan Madinah, dan Allah memberi kalian syafaat sejumlah bebatuan dan bongkahan tanah liat yang ada di antara Mekkah dan Madinah.


15.) * Tarawih Malam ke 15 : Para malaikat bersholawat kepadanya dan menjaga di ‘Arsy dan kursi.

      * Puasa Hari Ke-14: Kalian seperti berjumpa dengan Nabi Adam, Nuh, Ibrahim, Musa, Daud dan Sulaiman, dan seperti beribadah kepada Allah Azza wa Jalla bersama setiap Nabi selama dua ratus tahun.


16.) * Tarawih Malam ke 16 : Allah SWT mencatat baginya akan di bebaskan dari api neraka dan masuk surga.

      * Puasa Hari Ke-15: Dikabulkan untuk kalian hajat-hajat dunia dan akhirat, memberi kalian apa yang diberikan kepada Nabi Ayyub; para malaikat pemikul Arasy memohonkan ampunan untuk kalian, dan pada hari kiamat Allah Azza wa Jalla akan memberi kalian empat puluh cahaya, sepuluh cahaya dari sebelah kanan kalian, sepuluh dari sebelah kiri kalian, sepuluh dari depan kalian, dan sepuluh cahaya dari belakang kalian.


17.) * Tarawih Malam ke 17 : Diberikannya pahala seperti pahala para nabi.

      * Puasa Hari Ke-16: Diberikan kepada kalian enam puluh pakaian untuk kalian pakai pada hari kalian dibangkitkan dari kubur, enam puluh onta untuk kalian kendarai, dan dikirim awan untuk menaungi kalian dari sengatan panas hari itu.


18.) * Tarawih Malam ke 18 : Satu Malaikat berseru : ” Hai Hamba Allah bahwasanya Allah SWT telah meridhoi kamu dan ke dua orang tuamu.

      * Puasa Hari Ke-17: Allah SWT menyatakan: “sungguh Aku telah mengampuni mereka dan bapak-bapak mereka, Aku akan lindungi mereka dari azab hari kiamat.”


19.) * Tarawih Malam ke 19 : Allah SWT akan mengangkat ke surga firdaus.

      * Puasa Hari Ke-18: Diperintahkan kepada malaikat Jibril, Mikail, Israfil, malaikat pemikul Arasy dan Al-Karubin agar memohonkan ampunan untuk ummat Muhammad saw sampai tahun berikutnya, dan Allah Azza wa Jalla memberikan pada kalian pahala para syuhada’ Badar.


20.) * Tarawih Malam ke 20 : Allah SWT memberikan pahala para Syuhada dan orang-orang Sholeh.

      * Puasa Hari Ke-19: Semua malaikat langit dan bumi minta izin kepada Tuhannya untuk berziarah ke kuburan kalian setiap hari, dan setiap malaikat membawa hadiah dan minuman untuk kalian.


21.) * Tarawih Malam ke 21 : Allah SWT membuatkan baginya sebuah istana di surga dari cahaya.

      * Puasa Hari Ke-20: Diutus kepada kalian tujuh puluh Malaikat untuk menjaga kalian dari setiap setan yang terkutuk; dicatat untuk kalian setiap hari kalian puasa seperti berpuasa seratus tahun; menjadikan parit antara kalian dan neraka; memberi kalian pahala orang yang termaktub dalam Taurat, Injil, Zabur dan Al-Qu’an; dicatat untuk kalian setiap pena Jibril sebagai ibadah satu tahun; memberikan pada kalian pahala tasbih Arasy dan Kursi; dan memberi pasangan untuk kalian setiap ayat Al-Qur’an seribu bidadari.


22.) * Tarawih Malam ke 22 : Pada hari kiamat nanti, selamat dari kesulitan dan kesusahan.

      * Puasa Hari Ke-21: Diluaskan kuburan kalian seribu farsakh, menghilangkan dari kalian kegelapan dan kesepian, menjadikan kuburan kalian seperti kuburan para syuhada’, dan menjadikan wajah kalian seperti wajah Yusuf bin Ya’qub AS.


23.) * Tarawih Malam ke 23 : Allah SWT membangunkan baginya sebuah kota di surga.

      * Puasa Hari Ke-22: Diutus kepada kalian malaikat maut seperti pada para Nabi saw, menyelamatkan kalian dari keganasan malaikat Munkar dan Nakir, dan menghilangkan dari kalian penderitaan dunia dan akhirat.


24.) * Tarawih Malam ke 24 : Dua puluh empat (24) permintaanya di kabulkan oleh Allah SWT.

      * Puasa Hari Ke-23: Kalian akan melintasi shirathal mustaqim bersama para Nabi, shiddiqin dan syuhada’, dan pahala kalian seperti memberi makanan kepada setiap anak yatim dari ummatku dan seperti memberi pakaian kepada setiap yang telanjang dari ummatku.


25.) * Tarawih Malam ke 25 : Allah SWT mengangkatnya dari siksaan kubur.

      * Puasa Hari Ke-24: kalian tidak akan keluar dari dunia kecuali kalian melihat kedudukannya di surga; setiap kalian diberi pahala seribu orang yang sakit, seribu pahala orang yang merantau untuk mentaati Allah Azza wa Jalla, kalian diberi pahala seribu pembebasan dari keturunan nabi Ismail AS.


26.) * Tarawih Malam ke 26 : Allah SWT mengangkatnya baginya pahala empat puluh tahun (40 thn).

      * Puasa Hari Ke-25: Dibuatkan untuk kalian di bawah Arasy seribu menara hijau, di atas setiap menara terdapat kemah dari cahaya, dan Allah SWT berfirman: “Wahai ummat Muhammad, Aku adalah Tuhan dan kalian adalah hamba-Ku, bernaunglah kalian di bawah Arasy-Ku di menaramenara ini, makan dan minumlah sepuas kalian, jangan takut dan jangan sedih; wahai ummat Muhammad, demi kemuliaan dan keagungan-Ku, Aku akan mengirim kalian ke surga, kalian akan dibanggakan oleh orang-orang yang terdahulu dan yang terakhir, Aku akan memberikan pada setiap kalian seribu mahkota dari cahaya, kendaraan onta yang Kuciptakan dari cahaya, tali kendalinya dari cahaya dan pada tali kendali itu terdapat seribulingkaran yang terbuat dari emas, dan pada setiap lingkaran berdiri malaikat, dan setiap malaikat memegang tongkat dari cahaya sehingga kalian memasuki surga tanpa dihisab.


27.) * Tarawih Malam ke 27 : Ia akan melewti jembatan Shirotul Mustaqim pada hari kiamat kelak seperti kilat menyambar.

      * Puasa Hari Ke-26: Allah SWT memandang dengan kasih sayang-Nya, kemudian mengampuni semua dosa kalian kecuali sogokan dari hartanya; Mensucikan rumah kalian setiap hari tujuh puluh ribu kali dari ghibah dan dusta.


28.) * Tarawih Malam ke 28 : Allah SWT mengangkat baginya seribu (1000) derajat di surga.

      * Puasa Hari Ke-27: Pahalanya seperti menolong setiap mukmin dan mukminah, memberi pakaian pada tujuh puluh ribu orang yang telanjang, membantu seribu orang yang menjalin tali persaudaraan; kalian seperti membaca semua kitab yang diturunkan oleh Allah Azza wa Jalla kepada para Nabi-Nya.


29.) * Tarawih Malam ke 29 : Allah SWT memberikan pahala seribu (1000) haji yang makbul.

      * Puasa Hari Ke-28: Menjadikan bagi kalian di surga Al-Khuld seratus ribu kota dari cahaya, memberi kalian di surga Al-Ma’wa seratus ribu istana dari perak; memberi kalian di surga Al-Jalal tiga ratus ribu mimbar (tempat yang tinggi) yang terbuat dari misik, di setiap mimbar seribu rumah dari za’faran.


30.) * Tarawih Malam ke 30 : Allah SWT berfirman : Hai Hambaku, makanlah buah-buahan di dalam surga dan mandilah engkau dengan air Salsabil dan minumlah dari telaga kautsar, Aku tuhanmu dan engkau hamba-Ku.

      * Puasa Hari Ke-29: Diberikan kepada kalian beribu-ribu kediaman dan di setiap kediaman terdapat menara putih, disetiap menara terdapat tempat tidur dari kafur putih dilengkapi dengan seribu permadani dari sutera hijau, di setiap permadani disiapkan bidadari yang dihiasi dengan tujuh puluh ribu hiasan, di kepalanya seribu hiasan dari permata.


31.) * Puasa Hari Ke-30: Akan dicatat bagi kalian setiap hari sebelumnya pahala seribu suhada’ dan seribu orang yang benar; Dicatat bagi kalian seperti beribadah lima puluh tahun; Dicatat bagi kalian untuk setiap hari seperti puasa dua ribu hari, dan mengangkat derajat kalian.


          Subhanallah, Allah benar-benar maha pemurah kan saudara? Kapan lagi kita bisa menambah bekal akhirat jika kita tidak benar-benar memanfaatkan bulan suci ini? Setelah sebelas bulan kita sering melakukan kekhilafan, tentunya kita ingin menyucikan diri dong? Siapa sih kita? Punya apa sih kita sampai-sampai kita yakin bisa berdiri sendiri tanpa bantuan dan kasih sayang Allah? 

          Mulai Ramadhan kali ini yuk kita tegakan shalat tarawih full, untuk saudara-saudara muslimah Insya Allah kita juga bisa kok, kalaupun si "tamu" itu datang Insya Allah kita juga tetap bisa meraih pahala lain-Nya. Amin ya Rabb.

          Kiranya sekian dulu informasi yang bisa ana berikan. Mohon maaf apabila ada kekurangan dan perkataan yang kurang pantas. Ana minta maaf apabila artikel initerkesan "menggurui" karena sesungguhnya tidak ada niatan ana untuk berbuat demikian. Marilah kita sama-sama memperbaiki diri dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Sources:



Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Berita Terpopuler

Member