IRMAS TV

Loading...

Minggu, 21 Juli 2013

Partisipasi IRMAS : Aksi Al-Kautsar di I-FUN 1434 H

2 komentar
Assalamu’alaikum akhi wa ukhti,
Pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi cerita tentang partisipasi teman-teman IRMAS Al-Kautsar diajang I-FUN 1434 H. I-FUN (Islam is Fun) merupakan acara tahunan OSIS MAN Insan Cendekia, yang meliputi berbagai lomba islami. I-FUN 1434 H ini mengambil tema Islamic Youth yang bertujuan untuk mengajak para pemuda Islam untuk melakukan kegiatan-kegiatan bermanfaat agar tidak terjerumus pada penyimpangan remaja masa kini. Di I-FUN 1434 H ini terbagi menjadi 8 lomba, Da’i – Olimpiade PAI – Mading untuk tingkat SMP, Nasyid – Video Iklan – Kaligrafi – MTQ untuk tingkat SMP-SMA, dan Blog Islami untuk umum. IRMAS Al-Kautsar berpartisipasi dalam semua cabang lomba untuk tingkat SMA dan blog islami, penasaran gimana aksi para perwakilan dari IRMAS Al-Kautsar? Yuk simak posting yang satu ini.. :)


para duta IRMAS Al-Kautsar :)
Kemarin, Sabtu, 20 Juli 2013. Sekitar pukul 7 pagi, 14 orang duta IRMAS Al-Kautsar sudah datang ke MAN Insan Cendekia Serpong, untuk registrasi lomba di acara I-FUN 1434 H. Duta-duta tersebut yaitu: tim nasyid Atsar (Akhwat Al-Kautsar) yang terdiri dari Annisa Hana, Dalila Alifia, Oktavia, Rizky Hastuti, dan Rusma Desinta yang akan mengikuti lomba nasyid tentunya, Cynthia Farah – Novita - M. Faruqy - Farhan Bessy - Andi Falih mengikuti lomba video iklan, Iffah Nurfaiz dan Sayyidatul Azizah mengikuti lomba MTQ, serta Firdha dan M. Wiryo mengikuti lomba kaligrafi. Kami juga mengikuti lomba blog islami yang diwakili oleh Fathiya Ulfa dan Narits.

Opening I-FUN 1434 H dilangsungkan di aula MAN Insan Cendekia sekitar pukul 8 pagi, sedangkan lombanya sendiri akan dimulai pukul 09.00. Setelah mendengar beberapa sambutan, akhirnya I-FUN 1434 H pun dibuka, dan semua peserta memasuki ruang lomba masing-masing, kecuali nasyid, yang akan dilaksanakan langsung di aula tersebut. Nasyid Atsar mendapat urutan tampil ke-4. Mereka menyanyikan 2 buah lagu, yaitu Jagalah Hati (lagu wajib) dan Bila Waktu Telah Berakhir. Ini adalah debut bagi nasyid yang baru dibentuk sekitar 2 bulan lalu itu, pertama kalinya mereka tampil di hadapan orang banyak. Alhamdulillah, nasyid Atsar cukup sukses membawakan 2 buah lagu tersebut. Setelah nasyid, kita beralih ke tim video iklan.

Lomba MTQ akhwat
Lomba video iklan dilaksanakan di gedung yang letaknya tak begitu jauh dari aula tempat nasyid dilombakan. Tema iklan yang dipilih oleh tim video iklan Al-Kautsar adalah kesabaran, dengan Faruqy dan Farhan sebagai aktornya :P. Dalam video iklan ini, digambarkan tentang kesabaran Faruqy menghadapi Farhan yang berusaha merebu dan menjatuhkan handphone-nya. Setelah menayangkan iklan yang berdurasi sekitar 1 menit tersebut, tim video iklan Al-Kautsar mempresentasikan hikmah apa yang terdapat dalam video hasil karya mereka tersebut. Seusai tim video iklan mempresentasikan hasil karyanya, kami menjelajahi kampus MAN Insan Cendekia dan ‘mengintip’ lomba MTQ yang dilaksanakan di lantai 2 di gedung yang berbeda. Sayangnya, rupanya kami telat untuk meliput para peserta lomba MTQ, karena ternyata peserta terakhir baru saja selesai membaca ayat suci Al-Qur’an. So, kami mencari markas para peserta kaligrafi.

Kembali turun ke lantai 1, kami mengikuti arah tanda panah yang bertuliskan kaligrafi, untuk menemukan lokasi lomba kaligrafi. Terlihat wajah serius Silo dan Firdha yang masih sibuk menghiasi ayat suci Al-Qur’an yang sudah mereka lukiskan di selembar kertas putih milik mereka masing-masing. Ternyata di lomba kaligrafi ini, hafalan peserta juga diujikan, karena ketika menggambarkan ayat Al-Qur’an yang sudah ditentukan pada saat techmeet, para peserta tidak diperbolehkan melihat ke Al-Qur’an. Sehingga mereka harus menghafal ayat serta terjemahannya untuk melukiskan kaligrafi di kertas yang sudah disediakan panitia.

kaligrafi
Setelah mendokumentasikan para duta Al-Kautsar di setiap lomba, kami kembali berkumpul di aula untuk menyaksikan para peserta nasyid yang belum mendapat giliran tampil. Sekitar pukul 11.30, seluruh lomba I-FUN 1434 H berakhir, dan para peserta lomba diharap untuk menunggu pengumuman pemenang pukul 15.00 nanti. Akhirnya, pasukan Al-Kautsar pun memilih untuk menunggu di masjid MAN Insan Cendekia, sekalian menunggu adzan Dzuhur, sambil tadarus Al-Qur’an :) Setelah sholat Dzuhur berjama’ah, rupanya ada sedikit tausiyah yang disampaikan di masjid itu. Pukul 15.00 masih lama, dan karena lelah, kami memutuskan untuk menunggu pengumuman pemenang di masjid ini dengan beristirahat.

Pukul 14.45, panitia menyerukan kepada seluruh peserta I-FUN untuk kembali berkumpul di aula karena closing akan segera dimulai. Dengan tenaga yang sudah berkumpul kembali, kami berjalan dengan semangat menuju aula IC. Closing I-FUN 1434 H diawali dengan hiburan musik yang dipersembahkan oleh 2 orang panitia I-FUN yang membawakan lagu I Will Fly.Selanjutnya, langsung ke pembacaan pemenang I-FUN 1434 H di setiap lomba.

Video iklan dimenangkan oleh tim dari SMA IT As-Syifa Subang. Juara 1 MTQ akhwat diraih oleh perwakilan dari Kharisma Bangsa, sedangkan yang ikhwan diraih oleh perwakilan dari SMA Citra Islami. Kemudian juara 1 nasyid diraih oleh tim nasyid SMA 7 Tangsel. Sayang sekali, di I-FUN kali ini Al-Kautsar belum berhasil mengharumkan nama ekskul dan sekolah, namun ini menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi para pesertanya.

Jangan hanya melihat dari hasilnya, tapi lihatlah kesungguhan dari para duta Al-Kautsar untuk mengikuti I-FUN ini, lihatlah tim nasyid dan tim video iklan yang sudah banyak meluangkan waktu mereka untuk latihan dan syuting. Lihatlah semangat semuanya yang sudah berjuang untuk mengharumkan nama IRMAS Al-Kautsar dan Moonzher :). Untuk Irmas 26, mungkin ini pengalaman terakhir yang berkesan dalam mengikuti lomba, dan untuk Irmas 27, siap-siaplah kalian untuk menjadi juara I-FUN tahun depan :) hehe. Sekian dulu posting kali ini, semoga bermanfaat.


Wassalamu’alaikum wr. wb.

Tim Nasyid Atsar

Tim video iklan

2 komentar On "Partisipasi IRMAS : Aksi Al-Kautsar di I-FUN 1434 H"

  1. Great job! Semoga ini adalah awal dari kesuksesan Irmas untuk masa yg akan datang :D

    BalasHapus
  2. Pengalaman pun bertambah. Semua ada hikmahnya, jangan liat dari hasilnya tapi liat lah dari prosesnya, yang penting kita sudah berusaha keras dan bekerjasama. Belajar lah dari kegagalan, karena awal dari kegagalan adalah tandanya sebuah kemenangan di masa depan :)

    BalasHapus

Berita Terpopuler

Member